Minggu, 22 Desember 2013

Camb Di Telapak Tangan Rammang-Rammang

Pada tanggal 28-08-2013 jam 04:00 sore kami berangkat dari secret ke telapak tangan dengan melalui jalan darat memakai motor, setiba kami memarkir motor di rumah penduduk kami jalan lagi ke lokasi camb dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 2 KM dari tempat parkiran motor. Sebelum berangkat kami berdoa bersama untuk mencapai lokasi dengan selamat dan tanpa hambatan.  Selama perjalanan kami bercanda tawa bersama anak KPA Bantaeng yang kami temani kelokasi camb, sempai lokasi camb kami tidak berlama mencari tempat mamasang tenda dan mecari air untuk di gunakan memasak air dan untuk keperluan lainnya tapi kami tidak mendapatkan air yang biasanya tergenang dan kami berniat untuk ke tempat lain untuk camb tapi sebelum kami berjalan jauh kami berpapasan sama warga setempat dan bertanya "anggapa ammotere" tapi bertanya dengan menggunakan bahasa Makassar yang artinya "kenapa kalian pulang" dan dari salah satu kami menjawabnya "tena jene bapa na di motere" (tidak ada air jadi kami pulang) terus dia bilang lagi NIA JA JENE ANTU tapi BELLAI BATTU RI TAMPANU AMMASANG TENDA jadi kami bilang KOMAE ANJO KATTE BAPAK, warga itu pun menunjukkan tempat air itu, setelah itu kami sepakat untuk tetap tinggal camb dan kami tidak berlama-lama untuk mendirikan tenda kami dan membagi tugas, ada yang mendirikan tenda dan ada yang mengambil air yang sedikit jauh dari tempat camb kami jaraknya sekitar 50 meter.
Setelah tenda berdiri kami pun beristrahat tapi sebagian ada yang berkeliling untuk mencari kayu atau ranting-ranting pohon yang bisa dibakar untuk api unggun, malam pun tiba dan kami siap-siap untuk memasak makanan yang kami bawah setelah kami pun kedatangan tamu yang dari pulau jawa 1 orang tapi dia tidak sendirian karna dia di temani oleh 2 teman kami juga yang tahu tempati ini. Kami pun berkumpul sambil minum secangkir kopi yang salah satu dari kami yang membuatnya dan memakan makanan (biskuit dan kacang) sambil kami cerita dan sekali-kali kami tertawa bersama tanpa ada yang tak saling mengenal satu sama lain. Tidak lama kami pun membakar kayu dan ranting yang sudah kami siapkan untuk membuat api unggun.

Jam sudah menunjukkan pukul 03:00 dini hari sebagian ingin beristrahat dan ada pula yang tertetap bercerita sampai pagi, tiba lama kemudian mereka pun tertidur di depan tenda. Pagi pun datang dan sebagian dari kami terbangun dan yang lainnya masih tidur. Jam 07:00 mereka pun bangun semua dan sebagian dari kami menyiapkan makanan dan kopi hangat.
Setelah kami makan kami pun berkeliling sekitar tempat camb, ada yang berfoto-foto dan ada juga naik ke telapa tangan. Sesudah mereka puas berkeliling dan berfoto-foto kami pun bersiap-siap untuk meninggalkan lokasi camb untuk menuju ke tempat permandian yang bernama TELAGA BIDADARI yang berjarak kurang lebih 1 KM dari tempat camb dan jalurnya melewati aliran sungai dan pendakian gunung,

"MESKIPUN KAMI BARU KENAL KAMI TIDAK SUNGKAN BERCANDA SATU SAMA LAIN DAN KEAKRABAN CEPAT TERJALIN"